Saturday, November 25, 2006

lidah tak bertulang

Sesungguhnya lidah adalah suatu anugerah Allah, merupakan kenikmatan dari Allah yang agung, dan termasuk pula ciptaanNya yang halus dan penuh dengan keajaiban. Lidah itu bentuknya kecil, tetapi besar manfaatnya. Besar ketaatannya kepada Allah dan besar pula dosanya kepada Allah. Sebab kufur dan iman merupakan puncak dari dua hal yang bertolak belakang. Kufur adalah puncak dari kedurhakaan kepada Allah, dan iman adalah puncak dari ketaatan.
Sesungguhnya tiada sesuatu yang wujud atau tiada, pencipta atau tercipta, dihayalkan atau diketahui, diduga atau dikira-kira, kecuali lidah dapat memaparkannya dengan benar atau sebaliknya, dengan salah.
Sesungguhnya pengetahuan yang dijelaskan oleh lidah, kadang-kadang benar dan kadang-kadang pengetahuan itu keliru. Segala sesuatu, terutama informasi, diperoleh dari lidah. Dan inilah kelebihan lidah dibandingkan dengan anggota tubuh lainnya.
Lidah memang mempunyai keajaiban dibandingkan dengan anggota tubuh lainnya. Mata hanya dapat melihat warna dan bentuk. Telinga hanya bisa mendengar suara. Tangan hanya berperan menjangkau benda dan sebagainya, begitu pula anggota tubuh lainnya. Sedangkan lidah, jangkauannya, tugasnya, perannya, begitu luas tak terbatas, ia tak kenal batas.

No comments: